TUGAS 1 DESKOMVIS DASAR || PERANCANGAN LOGO

Nama : I Gusti Ngurah Arya Wiranatha

Nim : 2302071001

Prodi : D3 Desain Komunikasi Visual


PERANCANGAN LOGO

"GET IT FUNNY"


  Logo adalah identitas yang dipergunakan untuk menggambarkan citra dan karakter dari suatu lembaga atau perusahaan maupun organisasi. Maka dapat dikatakan, logo merupakan simbol yang menjadi identitas suatu perusahaan atau produk, yang mampu membentuk dan menanamkan citra pada khalayak. Namun, logo bukan hanya sekedar gambar yang asal dibuat untuk memberi identitas dan citra suatu perusahaan, logo juga berfungsi sebagai media untuk mengkomunikasikan sebuah pesan pada audience. 

  Secara umum, logo memiliki beberapa manfaat, yaitu :

1. Memperlihatkan kelebihan dari suatu produk atau perusahaan

Logo menggambarkan entitas suatu perusahaan atau produk yang di dalamnya mencakup identitas, citra, karakteristik, dan sebagainya, sehingga dapat memberi ciri khusus yang membedakannya dengan kompetitor.


2. Menjadi identitas resmi

Logo cenderung didesain berdasarkan filosofi yang terkandung di dalamnya, di mana logo menjadi identitas utama yang menggambarkan perilaku; pikiran, kepribadian dan  sikap, serta menyangkut nama, format dan kemasan dari produk atau perusahaan tersebut.


3. Mudah dikenali masyarakat

Setiap logo didesain untuk mengkomunikasikan sebuah produk atau perusahaan, dengan logo yang dirancang dengan baik dan menarik maka akan memberi kesan yang mendalam bagi Masyarakat. Sehingga hanya dengan melihat logonya saja, masyarakat sudah mengenal produk atau perusahaan tersebut.


4. Meningkatkan penjualan

Ketika suatu logo makin dikenal, maka semakin banyak juga konsumen yang mempercayakan produk atau perusahaan tersebut, sehingga konsumen akan selalu membeli produk atau memakai jasa dari pemilik logo tersebut.


 Jadi, logo memiliki peran yang sangat penting dalam membangun identitas merek, memperkuat citra, dan mempengaruhi persepsi konsumen. Sebuah logo yang efektif dapat membantu perusahaan atau merek mencapai tujuan bisnisnya dengan lebih baik, termasuk meningkatkan kesadaran merek, memperluas pangsa pasar, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk menginvestasikan waktu dan sumber daya dalam merancang dan memelihara logo yang baik dan relevan.


A. Ide Desain Logo

  Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam membuat sebuah logo, tahapan pertama yaitu menentukan elemen - elemen yang akan ditambahkan dalam logo dan juga software yang akan digunakan untuk membuat logo. Setelah itu langkah berikutnya adalah membuat sketsa desain logo pada kertas. Kalian juga dapat melihat refrensi logo yang ada di internet untuk menambah inspirasi dan memperluas ide.


  

  Logo yang akan dibuat adalah "Get IT Funny", yang dimana kata "IT " tersebut merupakan singkatan dari Information Technology yang menunjukan bahwa logo ini memiliki makna teknologi, pengetahuan, dan keterampilan. Selain itu terdapat kata Funny yang artinya menyenangkan. Dalam logo ini saya menggunakan gabungan dari bentuk sebuah roda gigi dan lampu bohlam, menggunakan warna biru tua.

  Warna biru tua melambangkan kepercayaan, keahlian, kecerdasan, dan teknologi. Roda gigi sering dikaitkan dengan mesin dan teknologi. Penggunaannya dalam logo bisa menunjukkan bahwa merek tersebut terlibat dalam bidang teknologi, inovasi, atau produksi. Ini cocok untuk merek yang ingin menonjolkan keunggulan teknologi mereka atau produk-produk berkualitas tinggi. Bohlam, atau lampu pijar sering digunakan sebagai simbol ide dan kreativitas. Ini melambangkan kilatan inspirasi atau konsep yang menyala dalam pikiran seseorang. Penggunaannya dalam logo bisa menunjukkan bahwa merek tersebut inovatif, kreatif, dan memiliki ide-ide yang cemerlang. Seperti yang kita ketahui, Bohlam adalah sumber cahaya yang memberikan energi untuk menerangi ruangan. Dalam logo, ini bisa melambangkan energi, kemajuan, atau perkembangan. Ini cocok untuk merek yang ingin menunjukkan bahwa mereka dinamis, progresif, dan bergerak maju.


B. Tahapan Perancangan Logo



Setelah selesai dengan tahap pengumpulan ide dan pembuatan sketsa kasar, langkah berikutnya yaitu memindahkan sketsa kasar ke software digital. Software yang saya gunakan disini adalah Ibis Paint X.

Berikut adalah langkah - langkah perancangan logo "Get IT Funny" :

1. Membuat Dokumen Baru

Buka Ibis Paint lalu buatlah dokumen baru dan masukan sketsa kasar tadi.

2. Menggambar benrtuk dasar

Membuat bentuk dasar menggunakan tool Pen, Ruler, dan Symmetry Ruler.

3. Pemberian Warna

Menambahkan warna pada logo menggunakan tool Colour Bucket.

4. Menyimpan Hasil

Langkah terakhir yaitu menyimpan file hasil perancangan logo.


C. Hasil Akhir & Mockups

Berikut adalah hasil akhir logo yang saya buat 












Komentar

Postingan populer dari blog ini

DATA AWAL DESKOMVIS DASAR || JENIS - JENIS KARYA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

TUGAS 2 DESKOMVIS DASAR || DESIGN LEAFLET