DATA AWAL DESKOMVIS DASAR || JENIS - JENIS KARYA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Nama : I Gusti Ngurah Arya Wiranatha

NIM : 2302071001


A. PENGERTIAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Sebelum kita bahas mengenai jenis - jenis karya Desain Komunikasi Visual, perlu kita ketahui pengertian dari desain komunikasi visual tersebut. Jadi, Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat DKV adalah cabang ilmu yang mempelajari konsep komunikasi, teknik, ungkapan kreatif dan media. 


B. FUNGSI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Setelah mengetahui definisi dari Desain Komunikasi Visual (DKV), kita akan bahas juga apa saja fungsi dari DKV. Pada dasarnya memiki 3 fungsi utama yaitu sebagai berikut: 


1. Sebagai sarana promosi yang memuat tentang produk secara singkat tapi informatif, estetika juga harus diperhatikan agar tetap menarik.

2. Sebagai penghubung untuk beberapa elemen seperti simbol, diagram, dan lainnya.

3. Sebagai penguat identifikasi sebuah identitas. Sebagai contoh produk minuman A lebih populer dari minuman B karena memiliki ciri khas atau identitas yang lebih kuat.


C. JENIS - JENIS KARYA DKV

Berikut beberapa jenis karya Desain Komunikasi Visual yang harus kalian ketahui :


1. ILUSTRASI









Ilustrasi adalah bentuk seni visual yang diciptakan untuk menggambarkan, melengkapi, atau menyertai teks tertulis atau cerita. Tujuannya adalah menyampaikan pesan, menyertakan informasi, atau memvisualisasikan konsep tertentu. Ilustrasi dapat dibuat dalam berbagai gaya dan media, termasuk lukisan tangan, gambar digital, atau kombinasi keduanya.


2. POSTER









Poster adalah bentuk karya visual yang dirancang untuk disiarkan atau ditampilkan di tempat-tempat umum dengan tujuan menyampaikan pesan, mempromosikan acara, atau memasarkan produk atau layanan. Poster biasanya mencakup kombinasi elemen-elemen visual dan teks untuk menarik perhatian penonton target dan menyampaikan informasi dengan cepat dan efektif.


3. DESAIN KEMASAN









Desain kemasan adalah proses perencanaan dan penciptaan tampilan luar suatu produk, yang mencakup elemen-elemen seperti wadah, label, grafis, dan material kemasan. Tujuan utama desain kemasan adalah membuat produk menonjol di rak, menarik perhatian konsumen, dan memberikan informasi yang jelas tentang produk tersebut. Desain kemasan melibatkan aspek estetika, fungsionalitas, dan komunikasi merek.


4. DESAIN KARAKTER









Desain karakter adalah proses penciptaan dan pengembangan karakter untuk digunakan dalam berbagai media, seperti animasi, permainan video, komik, atau kampanye pemasaran. Proses ini melibatkan pembuatan atribut visual dan penggambaran karakter yang mencerminkan kepribadian, latar belakang, dan tujuan karakter tersebut. Desain karakter dapat sangat bervariasi dan mencakup elemen-elemen seperti bentuk tubuh, warna, tekstur, dan ekspresi wajah.


5. TYPOGRAFI








Typografi adalah seni dan teknik pengaturan dan desain huruf untuk menciptakan tata letak teks yang estetis dan mudah dibaca. Ini melibatkan pemilihan jenis huruf, ukuran huruf, spasi antar huruf dan antar baris, serta penyusunan teks pada halaman atau media lainnya. Typografi sangat penting dalam desain grafis, penerbitan, dan berbagai bentuk komunikasi visual.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1 DESKOMVIS DASAR || PERANCANGAN LOGO

TUGAS 2 DESKOMVIS DASAR || DESIGN LEAFLET